source : www.illustrationsof.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila anda merencanakan untuk sebuah hunting atau sesi foto. Tanpa memperhatikan beberapa hal ini maka kegiatan fotografi anda akan hancur berantakan. Oleh karena itu anda perlu membaca lebih lanjut artikel ini. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja kita simak.

Pernahkah anda mengalami atau mendengar dalam (more…)
sebuah kegiatan fotografi ada kejadian-kejadian yang tidak terduga, contohnya adalah memory card penuh, baterai habis, atau ketinggalan sebuah alat yang penting? Atau mungkin pernahkah anda mengalami bahwa anda akan pergi ke sebuah tempat untuk hunting, namun saat tiba disana anda tidak tahu apa yang hendak anda foto? Beberapa kejadian yang tidak diinginkan seringkali saya alami saat melakukan kegiatan fotografi. Saya pernah merencanakan akan pergi hunting ke sebuah kuburan sekalian melayat ke kuburan nenek saya. Eittsss jangan salah, meskipun kuburan identik dengan sesuatu yang horror, pemandangannya itu sangat indah. Pada malam harinya saya men- charge baterai kamera saya dengan harapan keesokan harinya baterai saya bisa penuh dan saya bisa mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Keesokan harinya saya mengambil tas kamera saya dan langsung pergi ke kuburan tersebut. Dalam  perjalanan saya sudah merancangkan kira-kira apa saja yang akan saya ambil setibanya disana. Semua konsep sudah tersusun rapi, tinggal difoto saja. Setibanya disana cuaca sudah mendukung, kuburan tersebut pada hari itu sangat sepi dan rasanya indah sekali untuk difoto. Tetapi sebuah kejadian tak terduga terjadi. Saya tidak bisa menyalakan kamera saya. Saya cek memory card saya sudah terpasang, tetapi tetap tidak bisa nyala. Apa yang terjadi? Baterai yang saya  charge semalam ternyata ketinggalan dirumah. Saya hanya bisa menerima keadaan dan mengintropeksi diri.
Betapa pentingnya management photography dalam kegiatan fotografi kita. Oleh karena itu kita perlu memperhatikannya dengan maksimal.

1. Lokasi

Sebelum memotret, kita tentu perlu mengetahui lokasi dimana kita akan memotret. Karena dari sinilah kita akan mengetahui alat apa saja yang akan kita bawa, dan ide apa yang akan kita keluarkan. Oleh karena itu tinjaulah terlebih dahulu, lakukanlah survey, pastikan bahwa tempat itu sering hujan atau tidak, kalau sering hujan sediakanlah payung dan kantong plastik atau tas water resistant untuk melindungi kamera anda kalau sampai terjadi hujan. Setelah kita mengerti betul di lokasi mana kita akan memotret, kita lanjut kepada langkah kedua.

2. Alat

Ini adalah hal yang paling penting dalam management photography. Perhatikanlah alat apa yang akan anda gunakan untuk memotret. Apabila anda akan pergi ke tempat dengan banyak pemandangan, bawalah lensa wide. Apabila anda akan pergi ke tempat dengan banyak bunga atau satwa, bawalah lensa tele atau macro. Yang terpenting adalah kosongkan memory card dan isi penuh baterai, jangan terbalik! Pastikan memory card anda cukup supaya anda dapat memotret sepuasnya. Buatlah checklist sebelum pergi supaya tidak ada alat yang tertinggal

3. Ide

Setelah mengetahui lokasi memotret dan alat yang kita bawa, sekarang kita pikirkan ide konsep foto apa yang akan kita potret. Dalam tahap ini kita perlu menggunakan imajinasi kita sebaik-baiknya. Kombinasikan objek-objek yang ada di tempat kita memotret dan bayangkan sebuah gambar dalam pikiran anda, kalau bisa dilukiskan di sebuah kertas, sebelum akhirnya dipotret.

4. Potret

Setibanya di lokasi, tiba saatnya kita untuk merealisasikan semua ide kita dan menikmati hasil dari persiapan kita. Potretlah sesuka hati anda dan gunakanlah imajinasi anda untuk memotret sesuatu. Jangan hapus foto yang gagal, karena barangkali foto tersebut berguna di masa yang akan datang.

5. Portfolio

Setelah memotret apa yang akan kita lakukan dengan hasil jepretan kita? Tentu saja kita akan cetak dan menjadikannya portfolio supaya orang lain dapat melihatnya. Oleh karena itu buatlah portfolio fotografi yang menarik karena apabila portfolio kita menarik maka orang bisa meminta kita untuk menjadi fotografer di acaranya dan tentunya akan menghasilkan pendapatan bagi kita.
Demikianlah tahap-tahap management of photography yang perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut anda dapat menjadi seorang fotografer yang profesional dan paling dicari di muka bumi ini.