Minggu, 01 April 2012

Posted by jinson on 06.47
:: Dua Tanda Cinta Kepada Nabi ::.
إِنَّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا .مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ.
يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.
أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ. وَشَرَّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ، وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.
Kaum muslimim rahimakumullah…
Orang-orang yang benar-benar cinta, tentu akan mencari waktu dan kesempatan untuk dapat mengorbankan seluruh harta bahkan jiwa raganya, demi sang tambatan hati. Dan begitulah yang dilakukan oleh para sahabat yang menjalin cinta sejati dengan Nabi Muhammad sholallohu alaihi wasalam. Kisah pengorbanan mereka telah terukir dalam tinta emas sejarah sepanjang masa dan zaman. Mereka begitu semangat mengorbankan segenap apa yang mereka punya.
Lihatlah! Begitu menakjubkan kisah Thalhah bin Ubaidillah. Kisah teladan bagi umat Islam dalam ladang perjuangan dan pengorbanan. Marilah kita telaah riwayat yang disampaikan oleh Jabir bin Abdullah rodhiallohu anhu, dia berkata, “Di waktu perang Uhud, ketika umat Islam sudah lari meninggalkan medan pertempuran. Maka pasukan yang bertahan tinggal dua belas orang ditambah dengan Rasulullah sholallohu alaihi wasalam, termasuk di dalamnya Thalhah bin Ubaidillah rodhiallohu anhu. Pasukan Rasulullah sholallohu alaihi wasalam ini pun kemudian diketahui juga oleh kaum Quraisy dan mereka pun diserang. Menghadapi masalah ini, maka beliau  menoleh kepada mereka (kedua belas sahabat beliau) seraya berkata, ‘Siapa yang akan menghadapi musuh?’ Thalhah menjawab, ‘Saya wahai Rasulullah!’ Rasulullah sholallohu alaihi wasalam bertanya lagi, ‘Siapa lagi selain Thalhah?’ Salah seorang Anshar berkata, ‘Saya, wahai Rasulullah!’ Rasulullah sholallohu alaihi wasalam menjawab, ‘Ya kamu!’ Lalu orang itu maju ke medan laga dan ia pun gugur sebagai syahid.
Kemudian beliau menoleh lagi, tiba-tiba kaum musyrik ini hendak melancarkan serangan. Maka Rasulullah sholallohu alaihi wasalam bertanya, ‘Siapa yang akan menghadapi musuh?’ Thalhah menjawab, ‘Saya wahai Rasulullah!’ Rasulullah sholallohu alaihi wasalam berkata, ‘Siapa lagi selain Thalhah?’  Seorang Anshar menyahut, ‘Saya, ya Rasulullah!’ Rasulullah sholallohu alaihi wasalam berkata, ‘Ya kamu!’ Maka orang Anshar itu pun berjuang ke medan pertempuran sehingga ia pun gugur sebagai syahid. Dan begitulah seterusnya, sampai akhirnya yang tersisa dari dua belas orang pasukan Muslimin di samping Rasul sholallohu alaihi wasalam adalah Thalhah bin Ubaidillah rodhiallohu anhu. Maka kala itu Rasulullah sholallohu alaihi wasalam bertanya, ‘Siapa yang akan menghadapi musuh? Thalhah menjawab, ‘Saya wahai Rasulullah!’ Maka Thalhah pun maju ke arena peperangan menggantikan kesebelas syuhada pasukan Muslimin.
Ketika tangannya terkena pukulan dan hantaman musuh, serta jari-jarinya tertebas pedang mereka, Thalhah hanya berkomentar, ‘Ini sekadar gigitan belaka…’ Maka Rasulullah sholallohu alaihi wasalam bersabda, ‘Jika kamu mengatakan bismillah, maka malaikat pun akan mengangkatmu dan manusia akan menyaksikan.’ Kemudian Allah pun mencerai-beraikan pasukan musyrikin itu.” (HR. Nasa’i).
Alangkah tingginya semangat juang Thalhah bin Ubaidillah bersama sebelas sahabatnya. Mereka pertaruhkan nyawa mereka untuk melindungi kekasih tercinta, Nabi Muhammad sholallohu alaihi wasalam di dalam menegakkan agama Allah. Inilah tanda cinta hakiki. Cinta yang nyata bukan angan-angan dan pengakuan belaka.
Kaum muslimim rahimakumullah…
Telah menjadi suatu ketetapan bahwa orang yang menjalin cinta dengan kekasihnya, pasti akan patuh kepada orang yang dicintainya itu. Ia akan berusaha melaksanakan apa yang disukai oleh kekasihnya dan berusaha sekuat tenaga berupaya menghindari hal-hal yang dibencinya. Begitupun cinta kepada Nabi sholallohu alaihi wasalam, akan memotivasi seseorang untuk komitmen terhadap perintah dan larangannya.
Kisah kasih para sahabat terhadap Nabi Muhammad sholallohu alaihi wasalam telah terukir dalam berbagai kitab sirah. Berikut kami suguhkan kepada para jama’ah sikap mereka terhadap kekasih setianya, Nabi Muhammad sholallohu alaihi wasalam.
1. Segera menuangkan khamer ke jalan-jalan.
Para sahabat yang benar-benar menjalin cinta sejati kepada Nabi sholallohu alaihi wasalam, tidak hanya menghentikan apa yang menjadi hobi mereka, tetapi lebih dari itu mereka pun bersedia dengan lapang dada dan ridha untuk meninggalkan tradisi-tradisi yang membudaya di kalangan mereka.
Dari Anas bin Malik rodhiallohu anhu, dia berkata: “Suatu ketika aku memberi mimun khamer di rumah Abu Thalhah rodhiallohu anhu, dan khamer mereka waktu itu adalah yang paling rendah mutunya. Lalu Rasulullah sholallohu alaihi wasalam memerintahkan seseorang penyeru untuk memberitahukan kepada khalayak, ‘Sesungguhnya khamer telah kuharamankan’. Lalu Abu Thalhah berkata kepadaku, ‘Keluarkanlah kendi itu dan tuangkanlah seluruh isinya!’ Maka kendi itu pun aku keluarkan dan isinya kutuangkan hingga habis di sepanjang jalan di Madinah.” (HR. Bukhari).
2. Segera menjauhi memakan daging himar (keledai).
Salah satu bukti kecintaan para sahabat terhadap Nabi sholallohu alaihi wasalam, adalah bahwa ketika mereka dilarang untuk menikmati hal-hal yang menjadi kesukaan mereka, spontan mereka pun segera menjauhi dan menghindarinya. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik sholallohu alaihi wasalam, bahwasanya suatu ketika telah datang kepada Nabi sholallohu alaihi wasalam seorang sahabat, lalu ia berkata, “Nabi sholallohu alaihi wasalam tidak berkomentar sedikit pun. Lalu orang itu datang untuk kedua kalinya kepada beliau dan ia pun berkata, “Daging himar telah dimakan.” Nabi pun diam, tidak menjawab. Pada kali ketiga, orang itu datang lagi dan berkata, “Himar telah habis (dimasak).” Maka Nabi sholallohu alaihi wasalam menyuruh seorang munadi (juru penyeru) agar mengumumkan kepada segenap umat Islam, “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah melarang kalian makan daging himar.” Maka seketika itu pula periuk-periuk yang berisi masakan daging himar yang sudah matang dituangkan ke tanah. (HR. Bukhari).
3. Segera melepas gelang.
Demikian pula yang terjadi pada para sahabat wanita, saat mendengar peringatan dari Rasul sholallohu alaihi wasalam perihal pemakaian perhiasan gelang emas yang tidak dizakati. Maka mereka segera pula menanggalkan perhiasannya.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr rodhiallohu anhu. Dia berkata, “Suatu ketika seorang wanita datang menemui Rasulullah sholallohu alaihi wasalam bersama putrinya yang mengenakan sepasang gelang emas di tangannya. Maka Rasulullah  bertanya, ‘Apakah engkau mengeluarkan zakat atas perhiasan gelang emas itu?’ Wanita itu menjawab, ‘Tidak!’
Nabi sholallohu alaihi wasalam pun bersabda, ‘Apakah kamu mau jika kelak pada hari Kiamat kamu mendapatkan gelang dari api lantaran sepasang gelang yang engkau pakai itu?’
Lalu wanita tersebut melepas gelangnya dan menyerahkannya kepada Rasulullah sholallohu alaihi wasalam, seraya berkata, ‘Sepasang gelang ini adalah milik Allah dan Rasul-Nya’.” (HR. Abu Daud).
بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْﺁن الْعَظِيْمِ وَ نَفَعَنِي وَ إِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاۤيَاتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ .أَقُوْلُ قَوْلِي هٰذَا   وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَ لِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
KHUTBAH II
إِنَّ الْحَمْدَ ِللهِ، نَحْمَدَهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئاَتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
Kaum muslimim rahimakumullah…
Marilah kita mempertebal keimanan kepada Rasulullah sholallohu alaihi wasalam sekaligus melaksanakan segala kandungan keimanan kepadanya dengan bersungguh-sungguh untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut;
1.    Berkorban dengan harta dan jiwa untuk menyebarkan ajaran Rasulullah sholallohu alaihi wasalam.
2.    Ikhlas mentaati Rasulullah sholallohu alaihi wasalam dengan melaksanakan seluruh perintah dan menjauhi seluruh larangan beliau. Allah ta’ala  berfirman :
﴿ وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا
“Dan jika kalian taat kepadanya, niscaya kalian mendapat petunjuk.” (QS. an-Nur [24]: 54)
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِي اْلأُمُوْرِ، وَنَسْأَلُكَ عَزِيْمَةَ الرُّشْدِ، وَنَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي اْلأُمُوْرِكُلَّهَا وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ اْلآخِرَةِ.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لََعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
Categories: