Minggu, 23 Oktober 2011

Posted by jinson on 15.10
Alat dan bahan
; kertas tisu                                                          ; Benang wool
; plastik transparansi                                 ; gunting
Cara kerja
1.Buat potongan-potongan kecil kertas tisu.
2.Gosok-gosokkan plastik transparansi atau plastik sampul
buku dengan kain (misalnya pada kain celana/rokmu).
3.Dekatkan plastik tersebut pada potongan kertas-kertas itu.
Gejala apakah yang kamu amati? Catat hasil pengamatanmu.
4.Ganti potongan-potongan kertas tisu tersebut dengan
benda-benda kecil lainnya, kemudian ulangi kegiatan di
atas.
5.Ulangi lagi kegiatan di atas dengan benda-benda lain yang
digosok sebagai pengganti plastik.
Analisis dan diskusi
1.Bandingkan  hasil pengamatanmu terhadap perilaku
kertas atau benda-benda kecil lainnya pada berbagai
kegiatan yang telah kamu lakukan.
2.Apakah plastik transparansi bermuatan listrik?
3.Apakah potongan kertas tisu bermuatan listrik?
4.Buat sebuah uraian  yang menurut kamu dapat men-
jelaskan kejadian-kejadian seperti yang telah kamu amati
tersebut









HASIL DISKUSI ( HIPOTESIS )
1)  Ketika Plastik transparan diletakan / didekatkan pada potongan kertas, tissue. Maka kertas dan tissue akan meloncat-loncat dan akhirnya menempel pada plastik transparan ( mistar ) secara sementara yaitu dalam hitungan detik. Hal ini terjadi karena pada saat plastik tersebut di gososk gosok pada kain, sebagian electron kain berpindah ke plastik, sehingga plastik tersebut bermuatan negative dan dapat menarik potongan kertas.  Dibandingkan dengan benda kecil lainya misalkan Potongan benang wool, sama seperti halnya kertas dan tissue yakni akan melompat lompat dan menempel pada plastik transparan yang bermuatan negative.

2) Ya. Pada awalnya mistar plastic tersebut bersifat netral, pada saat digosokan dengan kain , sebagian elektronya berpindah pada plastic, sehingga plastic tersebut tak netral dan bermuatan Negatif.

3) Tidak. Karena kertas tersebut termasuk benda netral, karena jumlah muatan positif   ( proton )dan jumlah muatan negative ( electron ) pada kertas dan potongan tissue itu sama.

4) Awalnya mistar plastic bersifat netral, namun ketika telah digosokan dengan kain, mistar  transparan tersebut tak netral tetapi bermuatan Negatif ( electron ) karena pindahan electron dari kain menuju mistar transparan. Jadi  akibatnya mistar tersebut bermuatan listrik yang dapat menarik potongan kertas, tissue, maupun benang wool.

˘Jadi Kesimpulanya adalah benda netral tidak dapat menarik benda benda lainya, sedangkan benda tak netral ( bermuatan Negatif /Positif )dapat menarik benda lainya (Netral )seperti; potongan kertas, benang wool, dan tissue.
Benda Netral seperti plastic transparan dapat bermuatan Elektron dengan cara menggosokannya pada kain supaya sebagian elekron kain berpindah pada plastic transparan.
Jadi, benda bermuatan listrik berusaha memengaruhi muatan tak sejenisnya pada benda netral, sehingga benda netral berloncatan atau menempel menuju Benda yang bermuatan Listrik.

Categories: